19 Aplikasi Pengganti/Mirip Play Store Yang Gak Kalah Gan!

Google Play Store biasanya menjadi tempat utama untuk mengunduh aplikasi apapun bagi pengguna Android. Apakah Anda merasa bosan dengan Google Play dan ingin mencari aplikasi yang tidak bisa ditemukan di sana? Tenang, ada banyak aplikasi alternatif pengganti Play Store yang bisa dicoba.

Terkadang ada beberapa aplikasi yang sudah dihapus di Google Play Store sehingga Anda menjadi kesulitan untuk mengunduhnya. Namun, jangan sedih karena Anda bisa menemukannya di aplikasi alternatif atau sebagai penggantinya yang mirip.

Aplikasi Alternatif Pengganti/Mirip Play Store

Jangan sedih jika ada beberapa game atau aplikasi yang sebelumnya ada di Google Play Store, eh pas Anda ingin mengunduhnya tidak ada di sana. Beberapa aplikasi di bawah ini bisa menjadi alternatif Anda nantinya, apa saja itu?

1. Opera Mobile Store

Opera-Mobile-Store

Opera Mobile Store memiliki akses ke hampir seluruh pasar pelanggan aplikasi Indonesia. Toko aplikasi alternatif Play Store ini memiliki lebih dari 100 juta kunjungan setiap bulannya dan ada lebih dari satu juta unduhan setiap hari.

Keuntungan terbesar menggunakan Opera Mobile Store adalah, Anda bisa mendapatkan akses aplikasi yang benar-benar gratis. Meskipun ada yang membayar, maka itu tidak akan seberapa, kok. Coba saja cari aplikasi yang menurut Anda menarik dan tidak ditemukan di Google Play Store.

2. Get Jar

Get-Jar

GetJar adalah toko aplikasi tertua dan terbesar di dunia yang menyediakan berbagai aplikasi gratis untuk semua pengguna. Banyak pengembang aplikasi yang mengunggah temuannya dan menempatkannya di katalog toko Get Jar secara gratis.

GetJar tidak mengontrol monetisasi dalam aplikasi apapun, oleh karena itu setiap pengembang memiliki kendali penuh atas aset mereka.

GetJar mendorong pengembang untuk menggunakan model freemium, menampilkan iklan, dan menggunakan mata uang dalam aplikasi daripada membebankan biaya untuk aplikasi. Jika Anda mengembangkan aplikasi, maka manfaatkan saja Get Jar.

3. SlideMe

SlideMe

SlideMe adalah Android App & Games Marketplace independen yang cukup terkenal. Toko aplikasi ini mendukung lebih dari 140 Original Equipment Manufacturer (OEM) yang telah dimuat sebelumnya dengan SlideME Market.

Bisa dibilang SlideME adalah toko kedua yang populer setelah Google Play dalam hal jangkauan global untuk distribusi aplikasi dan game android.

SlideME mengambil 20% dari pendapatan publisher sebagai komisi dan menawarkan berbagai cara pembayaran, termasuk PayPal, yang tidak didukung oleh Google Play.

4. F-Droid

F-Droid

F-droid merupakan toko yang menyediakan aplikasi open source dan gratis. Setiap aplikasi di F-droid harus memiliki lisensi open source Apache atau GNU. Aplikasi dengan iklan atau konten berbayar diizinkan, tetapi tidak ditampilkan secara default dan hanya dapat ditemukan melalui penelusuran.

Di F-droid, Anda dapat mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Aplikasi F-droid tidak akan mudah mengalami bug.

F-droid merupakan alternatif Play Store yang bagus untuk menyusuro beberapa aplikasi open-source yang memang sudah pasti tidak dapat Anda temukan di Google Play Store.

5. Amazon App Store

Amazon-App-Store

Amazon  App Store adalah salah satu alternatif utama yang bisa diandalkan selain Google Play Store. Amazon App Store diluncurkan pada tahun 2011 setelah aplikasi Amazon Underground ditutup. Amazon App Store bahkan bisa diakses oleh 200 negara.

Toko aplikasi ini menyediakan layanan bermanfaat bagi pengembang yang ingin aplikasinya dikenalkan ke publik. Amazon Appstore memiliki uji kompatibilitas aplikasi yang mendeteksi masalah bagi pengembang secara otomatis.

Ada  proses moderasi yang ketat untuk setiap aplikasi, sehingga hanya aplikasi terbaik yang dapat ditempatkan di toko. Sama seperti Apple dan Google, Amazon juga mengenakan biaya 30% dari harga pembelian aplikasi.

Amazon App Store memiliki App of the Day gratis, yang memungkinkan Anda mengunduh aplikasi/game secara gratis. Ketika Appstore ini pertama kali diluncurkan, aplikasi gratisnya adalah Angry Birds dan sepenuhnya bebas iklan.

6. 4Shared

4Shared

Tidak diketahui banyak orang, 4Shared adalah gudang hebat lainnya untuk mencari apa saja. Tidak hanya aplikasi android.

File yang ada di  4Shared  diunggah oleh pengguna untuk kemudian dishare dengan memanfaatkan cloud 4shared. Menariknya, 4Shared  juga legal dan bisa Anda unduh juga di Google Play Store. 4shared merupakan aplikasi yang tidak pernah mempromosikan pembajakan secara umum.

Aplikasi ini secara publik menghosting file yang diunggah oleh pengguna dan membuatnya tersedia di seluruh cloud. Untuk bisa mengunduh aplikasi, Anda perlu membuat akun di 4shared. Baru kemudian Anda dapat menelusuri, mengunduh, dan mengunggah file.

Nah, yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan file dari 4shared hanyalah mencari nama file tersebut menggunakan opsi pencarian, dan memilah jenis ekstensi yang Anda inginkan sebagai hasilnya. Jika Anda mencari aplikasi android, maka Anda dapat memilih aplikasi untuk dijadikan ekstensi.

Kelemahannya adalah banyak orang yang iseng dengan mengunggah file secara sembarangan ntuk melakukan spam. Jadi, Anda perlu selektif ketika hendak memilih aplikasi di 4shared.

7. Blackmart

Blackmart

Blackmart merupakan rajanya pasar android dan toko terbaik untuk mengunduh hampir semua aplikasi gratis dan berbayar, Blackmart adalah salah satu yang wajib dimiliki bagi semua pengguna Android yang ingin mencicipi setiap aplikasi android.

Aplikasi ini juga mudah disesuaikan dan user friendly, memiliki banyak sekali kategori aplikasi android seperti yang ada di Google Play Store.

Blackmart dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan mana yang “Gratis” dan mana yang “Berbayar”. Secara otomatis, tampilan aplikasi juga akan membantu pencarian aplikasi, jika Anda ingin melihat aplikasi berbayar, Blackmart akan menampilkannya di bagian teratas.

8. 1Mobile Market

1Mobile-Market

1Mobile Market adalah aplikasi alternatif terbaik yang bisa Anda gunakan selain Google Play Store. Aplikasi yang ada di 1Mobile Market juga dapat diurutkan berdasarkan peringkat, sehingga memberikan Anda rekomendasi dari yang populer dan tidak.

Anda juga dapat melihat 1Mobile Market di Google Play Store, tetapi versi yang ada di Play Store berbeda dengan situsnya langsung sebab memiliki akses terbatas.

Kalau Anda menggunakan 1Mobile Market dan Google Play Store, maka kebanyakan aplikasi yang bisa Anda temukan adalah versi yang gratis dan ujung-ujungnya akan selalu mengarahkan Anda ke Google Play untuk mengunduhnya

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengunduh 1Mobile Market langsung di secara eksklusif di situsnya. Ada juga 1Mobile Market versi lite jika Anda meningkatkan dari versi gratisnya. Dengan berlangganan versi Lite, maka. Anda bisa menghapus semua batasan yang ada.

Anda dapat menelusuri aplikasi berbayar dan mengunduhnya langsung ke perangkat Anda. 1Mobile Market salah satu aplikasi yang dirancang dengan mudah untuk Anda yang kesulitan mencari aplikasi di Google Play Store.

9. Huawei App Gallery

Huawei-App-Gallery

Huawei App Gallery dahulunya adalah toko aplikasi khusus untuk perangkat Huawei dan Honor dan saat ini bisa digunakan di semua perangkat android. Huawei App Gallery memiliki lebih dari 1,3 juta aplikasi yang mencakup berbagai aplikasi dan publisher populer.

Toko aplikasi ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna. Seiring dengan parenting control, toko aplikasi menawarkan perlindungan yang bagus untuk siapapun yang mau mengakses aplikasi di Huawei App Gallery.

Berbagai bagan dan daftar pilihan di Huawei App Gallery bisa membantu pengguna menemukan aplikasi atau game sempurna. Ada berbagai hadiah menarik untuk pengguna Galeri Aplikasi seperti Pusat hadiah, Promosi Seru, Acara lokal berhadiah, dan sebagainya.

10. Aurora Store

Aurora-Store

Aurora Store juga merupakan alternatif toko aplikasi selain Google. Aurora Store hadir dengan UI yang halus dan interaktif sehingga memungkinkan Anda mengunduh semua aplikasi favorit. Hal terbaik tentang Aurora store adalah tidak wajib menggunakan semua layanan Google.

Anda bisa memilih layanan Google mana yang ingin Anda manfaatkan. Aurora Store memberi Anda berbagai macam aplikasi, game, dan alat berguna lainnya yang dapat Anda unduh dengan mudah.

Aurora Store sangat memungkinkan Anda untuk bisa mengunduh aplikasi yang tidak ada di Play Store karena beberapa masalah keamanan atau hal lainnya yang telah dilarang atau dibatasi oleh Google.

Jadi selain ada aplikasi umum yang tersedia di berbagai platform, Anda juga dapat mengunduh aplikasi yang telah dilarang.

Di toko ini, aplikasi, game, dan alat dapat dengan mudah diperbarui dan dipasang di perangkat Anda. Kehadiran Aurora App benar-benar menyediakan semua fitur yang dibutuhkan oleh pengguna.

11. XDA

XDA

XDA adalah nama yang sangat akrab di kalangan pecinta smartphone. Pengembang XDA adalah salah satu platform paling andal dan ramah sekali untuk para pengembang. Di XDA,  Anda dapat menemukan semua aplikasi favorit yang dibutuhkan.

XDA berisi toko aplikasi mini yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari beberapa alat yang berguna untuk smartphone Anda.

XDA hadir dengan pemblokir iklan dan mode gelap yang akan diterapkan pada perangkat yang di-rooting. Aplikasi ini hadir dengan UI yang ramah pengguna dengan berbagai kategori pilihan untuk dipilih.

Bisa dibilang, XDA adalah salah satu platform terbaik karena memberi pengembang lebih banyak pendapatan dibandingkan dengan platform lain di luar sana. Anda harus mencoba XDA karena bisa menjelajahi banyak aplikasi baru dan menarik untuk perangkat.

12. Appvn

Appvn

Semua orang pasti menyukai aplikasi apapun yang gratis di era yang semuanya berbayar ini. Siapa sih yang tidak suka memiliki aplikasi gratis yang harus dibayar ketika mengunduh di platform lain?

Nah, Appvn sendiri adalah tempat yang tepat untuk Anda yang menyukai aplikasi baru yang aslinya berbayar namun bisa diakses gratis.

Appvn awalnya dikembangkan sebagai aplikasi Vietnam tetapi sekarang juga tersedia dalam bahasa Indonesia dan mencoba memperluas jangkauannya ke banyak pengguna.

Tidak perlu pusing mengenai masalah keamanan sebab aplikasi Appvn sudah dilindungi dengan bagus. Aplikasi Appvn memudahkan Anda. untuk memiliki informasi instan dan real time tentang aplikasi terbaru di android.

13. Aptoide

Aptoide

Aptoide juga menjadi salah satu dari alternatif Google Play Store terbaik karena telah dirancang dengan mempertimbangkan standar Google. Bahkan, kualitas yang diberikan Aptoide juga hampir sebagus Google Play Store dengan interface pengguna yang dirancang dengan baik.

Hal yang paling menarik dari Aptoide adalah memiliki berbagai macam aplikasi yang memenuhi selera dan preferensi hampir semua jenis konsumen.

Aptoide memiliki sekitar 700.00 aplikasi untuk dipilih dan berbagai koleksi aplikasi favoritnya memiliki lebih dari 3 miliar unduhan.

Aptoide telah diakses dan digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan angka sebesar itu, maka Anda tidak perlu khawatir tentang reputasi aplikasi ini.

14. Samsung Galaxy Store

Samsung-Galaxy-Store

Samsung Galaxy Store adalah salah satu aplikasi alternatif Play store terbaik. Samsung telah mengembangkan database sendiri yang dikenal sebagai aplikasi Samsung Galaxy. Platform ini memberi Anda semua aplikasi, game, dan film terbaik yang tersedia secara gratis.

Untuk memanfaatkan toko aplikasi Samsung Galaxy, Anda harus membuat akun Samsung terlebih dahulu. Samsung juga menawarkan diskon kepada pengguna yang sudah memiliki perangkat Samsung.

Tentu saja hal itu menjadi keuntungan bagi pengguna. Samsung. Bahkan perusahaan ini juga berencana untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri.

15. 9Apps

9Apps

9Apps adalah salah satu alternatif umum yang bisa digunakan selain Play Store. Anda dapat mengunduh banyak sekali aplikasi gratis yang tersedia di 9Apps.

Aplikasi ini hadir dengan interface pengguna yang sederhana dan Anda dapat dengan mudah mencari dan mengunduh aplikasi atau game favorit Anda. 9Apps juga terus memperbarui aplikasinya sehingga Anda tidak pernah bosan.

16. AppBrain

AppBrain

AppBrain, merupakan solusi bagus jika Anda mencari aplikasi premium atau gratis. Pengembang AppBrain menyediakan aplikasi gratis untuk jangka waktu terbatas di situs webnya dan sebagai imbalannya AppBrain mempublikasikan aplikasi.

Platform alternatif ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi dengan sangat rinci dan akan memberikan informasi mengenai aspek teknis dari setiap aplikasi. Dengan informasi ini, maka Anda akan semakin mendapatkan banyak pengetahuan mengenai masalah teknologi dari setiap aplikasi.

17. Uptodown

Uptodown

Uptodown adalah platform alternatif berikutnya untuk para pemburu aplikasi. Hal yang membedakannya dari aplikasi lain adalah Uptodown tersedia dalam 12 bahasa. Terdengar menarik bukan? Aplikasi ini menawarkan konten yang dilokalkan dengan opsi pengunduhan gratis.

Jadi, jika Anda menghadapi masalah bahasa untuk menemukan aplikasi yang Anda inginkan, gunakan saja Uptodown. Untuk menyediakan konten yang dilokalkan, aplikasi menyediakan laporan semua aplikasinya berdasarkan hasil 50 program antivirus sehingga bisa dipastikan aplikasi bebas virus.

Bahkan, Uptodown memiliki katalog aplikasi, blog berita dan tutorial yang berkaitan dengan dunia software dan aplikasi resmi untuk android.

18. APKUpdater

APKUpdater

APkUpdater dirancang untuk membantu Anda memperbarui semua aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda tanpa menggunakan Google Play. Kedengarannya keren sekali bukan?

Pada dasarnya apa yang dilakukan aplikasi ini adalah menampilkan daftar semua aplikasi yang perlu diperbarui, masing-masing dengan tautan “ApkMirror”.

Dengan kata sederhana, APkUpdater akan mengarahkan Anda ke situs web tempat Anda dapat memperbarui aplikasi dari browser. APkUpdater memudahkan tugas Anda memperbarui aplikasi dan langkah  yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal file di perangkat Anda.

19. APK Mirror

APK-Mirror

APK mirror menampung sejumlah besar aplikasi gratis. APK Mirror tidak memiliki aplikasi android sendiri sampai sekarang, jadi untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan, Anda harus mengunjungi situs web aplikasi ini.

Aplikasi yang ada di beranda APK Mirror diatur berdasarkan popularitas aplikasi selama sebulan, seminggu atau selama 24 jam terakhir.

Fitur utama dari APk Mirror adalah interface yang dimiliki sangat ramah pengguna sehingga memperlancar pengalaman Anda saat mengakses dan mengunduh aplikasi. APK Mirror bisa menjadi alternatif Google Play Store yang menakjubkan.

Ada banyak alternatif Play Store yang dapat Anda unduh dan coba mencari beberapa aplikasi luar biasa yang tidak tersedia di Google Play Store. Dari 19 aplikasi alternatif Play Store, manakah yang sudah familiar di telinga Anda?

 

Lihat Juga :