2 Cara Siaran Langsung di Tiktok (Sendiri & Bareng Teman)

Meski dulunya sempat dipandang sebelah mata, aplikasi Tiktok kini banyak digandrungi oleh pengguna sosial media karena keunikan fiturnya. Salah satu fitur terbaru yang diluncurkan adalah fitur Go Live. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memahami cara siaran langsung di Tiktok terlebih dahulu.

Sebenarnya untuk siaran langsung di Tiktok tidak begitu sulit. Namun, tidak semua orang bisa melakukan siaran langsung dari aplikasi ini. Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan Tiktok.

2 Cara Siaran Langsung di Tiktok dengan Mudah

1. Cara Siaran Langsung Pribadi di Tiktok

Jika Anda akan siaran langsung seorang diri di Tiktok, maksudnya tanpa kolaborasi dengan akun lainnya secara bersama-sama, maka Anda cukup menekan tombol ikon plus (+) yang ada di bawah layar saja. Berikut cara siaran langsung di Tiktok tanpa ribet:

  • Masuk ke aplikasi Tiktok terlebih dahulu
  • Selanjutnya pada bagian bawah layar, klik tombol ikon plus (+)
  • Smartphone Anda secara otomatis akan mengaktifkan kamera untuk mulai merekam. Namun pada tahap ini, orang lain belum bisa melihat live streaming Anda
  • Selanjutnya masukkan judul siaran langsung pada layar di bagian “Add a title”. Jika ingin memperjelas topik apa yang ingin Anda bahas di video siaran langsung, pilih pada bagian “Add a topic”
  • Jika sudah selesai menuliskan judul dan Anda sudah siap untuk mulai siaran langsung, klik tombol “Go Live” yang ada di bawah layar.

Jika-sudah-selesai-mengetikkan-judul-dan-siap-untuk-mulai-siaran-langsung

  • Pada bagian ini, Tiktok juga menampilkan berapa banyak jumlah followers yang sedang aktif menggunakan Tiktok.
  • Selesai Anda sudah mulai siaran langsung

Meski cara untuk melakukan siaran langsung di atas cukup simpel dan mudah diikuti, Anda harus mengetahui bahwa akhir-akhir ini Tiktok memperbarui kebijakannya terkait penggunaan kata-kata yang dilarang.

Ada beberapa kata-kata yang dilarang oleh Tiktok untuk diucapkan oleh pengguna di siaran langsung mereka. Beberapa kata yang dilarang seperti fan, follow, bff, donasi, duet, drama ratu dan lain sebagainya.

2. Cara Siaran Langsung Bareng di Tiktok

Selain siaran langsung sendirian melalui satu akun saja, Anda juga bisa siaran langsung bareng teman-teman lainnya di Tiktok. Siaran langsung bareng di Tiktok ini tentu akan membuat siaran menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Berikut cara siaran langsung di Tiktok bersama pengguna Tiktok lainnya:

  • Buka aplikasi Tiktok terlebih dahulu
  • Klik tombol ikon plus (+) pada bagian bawah layar
  • Ketikkan judul siaran langsung di bagian “Add a title” pada layar. Jika ingin memperjelas topik apa yang ingin Anda bahas di video siaran langsung, pilih pada bagian “Add a topic”
  • Jika sudah selesai mengetikkan judul dan siap untuk mulai siaran langsung, Anda tinggal klik tombol “Go Live” yang ada di bawah layar. Di atas tombol “Go Live” juga tersedia informasi mengenai jumlah followers Anda yang sedang aktif.

Jika-sudah-selesai-menuliskan-judul-dan-Anda-sudah-siap-untuk-mulai-siaran-langsung-klik-tombol-Go-Live-yang-ada-di-bawah-layar

  • Jika ingin siaran langsung bersama pengguna Tiktok lainnya, tekan tombol Undang yang ada di bagian sisi kiri bawah layar Tiktok yang akan muncul saat pengguna melakukan siaran langsung.
  • Selanjutnya akan muncul daftar teman Anda. Pilih teman yang akan diajak untuk melakukan live streaming dengan mengklik tombol “Invite” di bagian kanan profil.
  • Selesai, Anda sudah dapat memulai kolaborasi untuk melakukan siaran langsung bersama teman-teman di Tiktok.

Siaran langsung bareng biasanya dilakukan oleh mereka antara Tiktokers dengan ratusan ribu atau bahkan jutaan penggemar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan eksposure dari masing-masing Tiktokers.

Syarat Agar Bisa Live Langsung di Tiktok

Meski cara siaran langsung di Tiktok ini cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan menu tertentu atau install tambahan aplikasi tertentu, tapi tidak semua orang bisa menggunakan fitur live di Tiktok untuk melakukan siaran langsung. Tiktok menerapkan beberapa syarat yang harus dipatuhi sebagai berikut:

1. Usia di Atas 16 Tahun

Usia-di-Atas-16-Tahun

Tidak semua orang boleh melakukan siaran langsung di Tiktok. Seperti kebanyakan aplikasi sosial media lainnya, Tiktok juga membatasi batas usia orang yang bisa melakukan siaran langsung. Batas usia minimal bagi pengguna Tiktok supaya bisa melakukan siaran langsung adalah di atas 16 tahun.

Dari mana Tiktok mengetahui usia penggunanya yang ingin melakukan siaran langsung? Informasi ini diperoleh Tiktok dari tanggal dan tahun lahir yang sudah diinputkan pengguna sejak awal mendaftar membuat akun Tiktok.

2. Mempunyai Minimal 1000 Pengikut Tiktok

Mempunyai-Minimal-1000-Pengikut-Tiktok

Bagi Anda yang memiliki pengikuti Tiktok di bawah 1000 akun, Anda harus bersabar menunggu hingga akun Anda bisa digunakan untuk siaran langsung. Hal ini karena fitur “Go Live” di Tiktok hanya tersedia untuk akun dengan followers di atas 1000 akun.

Untuk pemilik akun Tiktok dengan followers di bawah 1000 akun, maka saat menekan tombol +, Anda hanya akan menemukan fitur templates, 60s dan 15s saja.

3. Sudah Menginstal Aplikasi Tiktok Versi Terbaru

Sudah-Menginstal-Aplikasi-Tiktok-Versi-Terbaru

Aplikasi Tiktok terus memperbaharui versinya yang diluncurkan ke publik dengan tambahan fitur tertentu. Fitur Go Live sendiri merupakan salah satu fitur terbaru pada Tiktok yang hanya bisa digunakan jika Anda sudah menginstal aplikasi Tiktok versi terbaru.

Apabila Anda sudah memenuhi semua syarat yang diminta, yakni berusia di atas 16 tahun dan memiliki followers minimal 1000 akun, namun belum bisa “Go Live” bisa jadi hal tersebut disebabkan karena Anda masih menginstal Tiktok versi lama.

7 Tips Siaran Langsung (Live) di Tiktok Supaya Tidak Garing dan Menarik

Jika ingin melakukan siaran langsung, tidak cukup hanya dengan mengetahui cara siaran langsung di Tiktok saja. Anda harus mengetahui tips dan trik dalam melakukan siaran langsung supaya siaran langsung Anda menarik lebih banyak penonton serta tidak menjadi garing.

1. Susun Topiknya Terlebih Dahulu

Susun-Topiknya-Terlebih-Dahulu

Ini sama seperti sebelum Anda membuat suatu video, Anda harus menyusun topik yang akan disampaikan terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan supaya Anda tidak kebingungan ketika sedang melakukan live streaming.

Topik yang dipilih sebaiknya adalah topik yang memang disenangi dan sesuai dengan target penonton Anda. Misalnya jika selama ini akun Anda berisi video singkat mengenai memasak dan hal-hal terkait, sebaiknya selama siaran langsung Anda membahas hal-hal terkait memasak.

Hal-hal terkait memasak yang dibahas bisa berupa tips serta trik memasak, cara memasak, cara memilih bahan untuk memasak dan sebagainya. Usahakan sebisa mungkin topik yang dipilih adalah topik kesukaan para penonton Anda.

2. Riset Mendalam

Riset-Mendalam

Sebelum memulai siaran langsung, lakukan riset secara mendalam terlebih dulu. Tujuan dilakukannya riset mendalam adalah agar selama siaran langsung berjalan, Anda tidak kekurangan bahan untuk dibicarakan.

Untuk lebih mendukung siaran langsung, sebaiknya hasil riset itu dicatat dan disusun sebaik mungkin supaya apa yang Anda bahas berurutan dan tidak ada satupun yang tertinggal. Pastikan Anda hanya menggunakan sumber riset terpercaya agar tidak menyebarkan berita bohong atau hoaks.

3. Siapkan Peralatan yang Akan Digunakan Selama Siaran Langsung

Siapkan-Peralatan-yang-Akan-Digunakan-Selama-Siaran-Langsung

Sebelum memulai siaran langsung, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan supaya selama siaran langsung Anda tidak kebingungan mencari peralatan yang akan digunakan.

Berikut adalah daftar beberapa peralatan wajib yang harus disiapkan terutama jika Anda siaran langsung di dalam ruangan:

  • Memori Handphone: Handphone adalah peralatan wajib yang harus disiapkan sebelum melakukan siaran langsung. Pastikan handphone Anda memiliki memori yang mencukupi selama melakukan siaran langsung supaya tidak terputus.
  • Kamera yang mumpuni: Cek bagaimana kualitas rekaman menggunakan kamera pada smartphone Anda
  • Baterai: Selain kamera dan memori, persiapkan juga baterai pada peralatan elektronik yang akan digunakan, apakah baterainya mencukupi atau tidak
  • Tripod atau Stabilizer: Supaya selama live streaming tangan Anda tidak pegal dan kamera lebih stabil, sebaiknya gunakan perangkat tripod atau stabilizer untuk meletakkan smartphone.
  • Ring Light: Jika pencahayaan di ruang tempat Anda akan melakukan live streaming kurang memadai, pasanglah ring light agar cahaya menyebar merata.

4. Berinteraksilah dengan Penonton

Berinteraksilah-dengan-Penonton

Jangan abaikan penonton setia Anda yang sedang menyaksikan tayangan live streaming yang Anda lakukan. Lakukanlah interaksi dengan penonton Anda dengan cara menyapa mereka serta mengucapkan terimakasih karena telah ikut menyaksikan tayangan siaran langsung Anda.

Supaya lebih seru, Anda bisa membaca setiap komentar yang mereka tuliskan di kolom komentar. Selain dapat meningkatkan interaksi Anda dengan para penonton, membaca komentar mereka juga bisa menjadi cara strategis yang dilakukan tatkala Anda mendadak lupa topik yang akan dibawakan.

Anda juga bisa meminta para penonton untuk mengajukan pertanyaan kemudian menjawab pertanyaan tersebut saat siaran langsung. Interaksi yang dilakukan oleh host kepada penonton adalah bentuk apresiasi supaya para penonton merasa lebih dekat dan setiap menyaksikan acara Anda.

5. Mengadakan Giveaway

Mengadakan-Giveaway

Giveaway akan menarik lebih banyak orang untuk ikut menyaksikan siaran langsung Anda. Orang-orang akan sangat menanti-nantikan siaran langsung dan akan menyaksikannya hingga selesai karena ingin mendapatkan giveaway yang dibagikan.

Lakukan pengundian hadiah di waktu-waktu yang random atau tidak beraturan supaya para penonton akan setiap terus mengikuti siaran langsung hingga berakhir. Agar orang mengetahui kalau Anda akan melakukan giveaway, ubahlah judul siaran langsung dengan judul giveaway yang akan dilakukan.

Judul giveaway tersebut akan menarik orang-orang untuk datang dan memberikan like di video siaran langsung Anda. Giveaway yang diberikan juga beragam. Anda bisa memberikan giveaway yang sesuai dengan isi konten, misalnya konten masak Anda bisa memberi hadiah berupa satu set masak lengkap.

6. Kolaborasi dengan Tiktokers Lain

Kolaborasi-dengan-Tiktokers-Lain

Anda tentu tidak jarang bukan melihat seorang Tiktokers ataupun influencer sosial media melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal lainnya saat membuat konten. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Selain dapat meningkatkan eksposur, kolaborasi juga membuat konten yang dihadirkan menjadi lebih seru.

Kolaborasi antara Tiktokers akan membuat kedua followers bersatu sehingga semakin besarlah jumlah viewers yang didapatkan. Isi konten pun menjadi lebih beragam karena Anda tidak sendirian mengisi siaran langsung tersebut.

Agar hasil kolaborasi memuaskan, susunlah apa saja yang akan dibahas di dalam konten video tersebut terlebih dulu. Kemudian berlatihlah dengan orang yang akan ikut mengisi siaran langsung Anda supaya tidak terjadi kesalahan teknis atau kekeliruan nantinya.

7. Beritahu Followers Anda Jika Akan Melakukan Siaran Langsung

Beritahu-Followers-Anda-Jika-Akan-Melakukan-Siaran-Langsung

Sebaiknya beritahukan kepada para followers Anda bahwa Anda akan melakukan siaran langsung di waktu tertentu sejak jauh-jauh hari. Berikan reminder terus-menerus agar followers Anda tidak lupa untuk ikut menyaksikan.

Hal ini dilakukan supaya followers sudah tahu terlebih dahulu kalau Anda akan melakukan siaran langsung sehingga mereka akan meluangkan waktunya dari jauh-jauh hari. Namun, sebaiknya Anda memberitahu mengenai jadwal siaran langsung maksimal sejak seminggu sebelumnya.

Selain itu lakukan reminder secara berkala melalui video-video pendek yang Anda posting di akun supaya penonton terus ingat. Memberitahu penonton sejak jauh-jauh hari dikhawatirkan membuat penonton terlupa menyaksikan di hari H.

Keuntungan Melakukan Live di Tiktok

Keuntungan-Melakukan-Live-di-Tiktok

1. Cara Mudah “Mempromosikan” Akun

Siaran langsung di Tiktok adalah salah satu cara paling mudah yang diberikan oleh Tiktok untuk mengenalkan akun Anda ke lebih banyak orang. Hal ini karena Tiktok akan menyisipkan video siaran langsung Anda ke pengguna lain di timeline mereka meski mereka belum menjadi follower Anda.

Dengan cara ini, maka video Anda akan ditonton oleh lebih banyak orang sehingga akun Anda akan dikenal oleh lebih banyak pengguna Tiktok.

2. Menambah Followers Baru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Tiktok memiliki algoritma khusus untuk menampilkan video tayangan langsung pada timeline orang lain yang belum menjadi follower Anda. Ini tentu menjadi promosi gratis untuk akun Anda.

Jika video Anda menarik bagi mereka, maka mereka pun secara otomatis akan menjadi pengikuti setia akun Anda sehingga Anda akan memperoleh tambahan followers baru. Oleh karena itu pastikan Anda mengisi konten sebaik mungkin agar calon followers baru tersebut tertarik.

3. Memperoleh Penghasilan

Siapa sangka kalau melakukan siaran langsung di Tiktok akan mendatangkan pundi-pundi uang ke kantong Anda? Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak Tiktokers yang senang melakukan siaran langsung.

Fitur untuk memberikan hadiah kepada orang yang sedang melakukan live streaming ini sudah dibenamkan ke dalam aplikasi oleh pengembang Tiktok. Para penonton dipersilahkan untuk memberikan hadiah atau biasa disebut sawer kepada orang yang melakukan live streaming.

Hadiah yang diberikan oleh penonton tersebut kemudian diubah menjadi sejumlah koin oleh pihak Tiktok. Koin-koin tersebut kemudian bisa diubah menjadi uang dengan melakukan penarikan tunai pada menu saldo Tiktok.

4. Melatih Kemampuan Public Speaking

Melakukan siaran langsung artinya Anda menampilkan video apa adanya langsung pada saat itu juga video ditampilkan. Itu artinya Anda tidak dapat melakukan editing video seperti memotong video atau menghias video sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini akan membuat Anda terpacu untuk tampil lebih baik lagi ketika siaran langsung. Anda akan berupaya supaya orang-orang yang menonton nantinya tidak merasa kecewa dengan cara berlatih lebih baik terutama dalam hal public speaking.

Apabila hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka kemampuan public speaking Anda pun akan meningkat.

5. Untuk Menghibur Diri

Jika Anda sedang bosan dan bingung melakukan apapun, maka melakukan siaran langsung bisa menjadi obat penglipur lara yang cukup baik. Anda dapat mengobrol santai dengan para followers Anda, baik itu untuk curhat, berbagi pendapat, atau untuk mencari hiburan.

Sebelum melakukan siaran langsung perdana Anda, pelajari cara siaran langsung di Tiktok yang sudah dibahas di atas. Tiktok sendiri sudah merancang agar setiap fitur yang dibenamkan di dalam aplikasi dibuat semudah mungkin sehingga tidak membuat pengguna menjadi bingung.

 

Lihat Juga :