Gameloop FF Main di PC : Review, Keunggulan dan Link Download

Bagi Anda penggemar game Free Fire, Anda wajib mencoba gameloop FF. Gameloop merupakan emulator yang recommended karena ringan alias tidak memberatkan perangkat PC. Dengan emulator ini, Anda bisa bermain FF di PC dengan lebih nyaman dan seru.

Tidak hanya FF saja, emulator ini juga bisa digunakan untuk memainkan game lainnya seperti COC, ML, AOV, PUBG, dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih jauh tentang gameloop, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Gameloop Free Fire?

Apa-Itu-Gameloop-Free-Fire

Kebanyakan orang mungkin lebih sering memainkan game Free Fire alias FF melalui smartphone. Padahal, bermain FF melalui perangkat komputer atau PC tidak kalah seru, lho. Bahkan ada beberapa poin plus yang bisa Anda rasakan apabila memainkan FF melalui PC.

Gameloop FF merupakan aplikasi emulator yang digunakan untuk memainkan game Free Fire melalui komputer atau PC. Emulator yang dirilis secara resmi oleh vendor Tencent ini pada awal mulanya memiliki nama Tencent Gaming Buddy.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi ini diubah namanya menjadi gameloop. Pada awalnya, aplikasi emulator ini hanya support untuk memainkan PlayerUnknown’s Battleground atau yang lebih dikenal dengan sebutan PUBG.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aplikasi ini akhirnya bisa digunakan untuk memainkan game lainnya, termasuk Free Fire. Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki aplikasi emulator satu ini antara lain:

  • Dukungan kontrol yang cepat dan akurat.
  • Memiliki visual dan grafis yang bagus karena didukung resolusi 2K.
  • Tidak membutuhkan RAM terlalu besar (support untuk PC dengan kapasitas RAM 2 GB, namun lebih baik jika menggunakan PC dengan RAM 4 GB atau 8 GB agar tidak mudah lag).

Spesifikasi PC/Laptop yang Direkomendasikan Untuk Install Gameloop

Spesifikasi-PCLaptop-yang-Direkomendasikan-Untuk-Install-Gameloop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gameloop untuk game Free Fire ini menjadi salah satu emulator yang mendukung game FF untuk bisa dimainkan melalui PC atau laptop. Nah, berikut spesifikasi minimal yang harus dimiliki laptop atau PC untuk bermain menggunakan gameloop.

1.   RAM

Salah satu spesifikasi minimal yang harus Anda perhatikan sebelum install gameloop yaitu RAM.  Spesifikasi RAM untuk memasang gameloop pada PC atau laptop yaitu minimal 4 GB, agar permainan tidak mudah lag dan lebih lancar.

Namun, jika Anda ingin memainkan FF dengan lebih lancar tanpa adanya gangguan dan ingin mengatur settingan terbaik, maka Anda bisa mengupgrade kapasitas RAM PC menjadi minimal 8 GB. Dengan kapasitas RAM 8 GB, kemungkinan terjadi lag akan sangat kecil bahkan tidak sama sekali.

2.   Sistem Operasi

Aplikasi emulator ini hanya bisa diinstal dan dijalankan pada laptop/PC dengan OS Windows, minimal Windows 7 untuk versi apa saja. Meski begitu, tidak hanya terpaku pada sistem operasinya saja, Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan agar game bisa dimainkan dengan lancar.

3.   Prosesor

Spesifikasi selanjutnya yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan gameloop untuk bermain FF di PC atau laptop yaitu prosesor. Prosesor ini menjadi komponen penting yang berperan sebagai dapur utama untuk menjalankan emulator gameloop FF itu sendiri.

Beberapa sistem prosesor yang direkomendasi yaitu minimal setara dengan AMD 1,5 GHz atau setara dengan Intel Dual Core. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan prosesor setara Intel Dual Core yaitu Intel Core i3 2.4 GHz.

Semakin bagus kualitas dan performa prosesor yang Anda gunakan, maka permainan Free Fire melalui perangkat PC atau laptop juga akan semakin baik dan lancar.

4.   VGA

VGA juga menjadi salah satu syarat spesifikasi untuk perangkat PC atau laptop ketika Anda akan menjalankan aplikasi gameloop ini. Beberapa VGA yang direkomendasikan antara lain Intel HD Graphic 4000, AMD HD 2600, 3600, NVIDIA GeForce GT 8600, dan 9600.

Apabila Anda menginginkan tampilan grafis yang lebih bagus dan menarik, Anda disarankan untuk menggunakan AMD R7 265 atau VGA NVIDIA GeForce GTX 660. Semakin baik jenis VGA yang Anda gunakan, maka akan semakin mudah pula Anda mengatur tampilan grafisnya ke mode paling tinggi.

5.   Kapasitas HDD

Spesisfikasi lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memasang aplikasi emulator gameloop yaitu kapasitas HDD yang digunakan. Anda harus menyiapkan ruang penyimpanan paling tidak sebesar 1 GB untuk menginstal atau memasang gameloop pada perangkat laptop/PC.

Apabila Anda sudah berhasil menginstal gameloop, maka Anda bisa mendownload game-game lainnya yang ingin dimainkan. Sebelum memulai download, Anda bisa memperhatikan file size game yang ingin didownload agar sesuai dengan kapasitas HDD perangkat PC yang Anda gunakan.

6.   DirectX

DirectX merupakan kumpulan API yang berfungsi untuk mendukung permainan game yang sedang dimainkan. Syarat untuk menggunakan Direct X yaitu harus memastikan bahwa DirectX telah terinstal di PC atau laptop dengan versi 9.0 terlebih dahulu.

Keunggulan Emulator Gameloop FF

Keunggulan-Emulator-Gameloop-FF

Sebagai salah satu aplikasi emulator yang ringan dan recommended, gameloop FF menawarkan sejumlah kelebihan atau keunggulan antara lain sebagai berikut ini.

1. Resmi dan Legal

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh gameloop yaitu legalitas yang sudah terbukti dan terjamin. Gameloop merupakan aplikasi emulator yang dirilis secara resmi oleh vendor Tencent Gaming, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi legalitasnya.

Sebagai produk resmi keluaran Tencent, keamanan gameloop sudah pasti terjamin. Anda bisa mendapatkan emulator game FF satu ini melalui situs resmi Tencent sehingga lebih aman dan terpercaya.

Dengan keunggulan inilah, game tidak akan mengalami crash, lag, atau masalah-masalah lainnya yang sering terjadi pada emulator lainnya. Dengan begitu, permainan FF Anda akan lebih nyaman dan menyenangkan karena bebas gangguan.

2. Memiliki Tampilan Grafis yang Keren dan Memukau

Jika dibandingkan dengan aplikasi emulator lainnya, gameloop memiliki tampilan grafis yang lebih baik. Para pengguna aplikasi emulator satu ini juga dapat melakukan pengaturan tampilan grafis secara mandiri sesuai dengan selera dan keinginannya masing-masing.

Untuk pengaturannya sendiri, Anda harus menyesuaikannya dengan spesifikasi laptop atau PC yang digunakan. Pastikan juga untuk mengatur tampilan grafis gameloop secukupnya saja. Bila pengaturannya terlalu tinggi, maka game bisa berhenti berjalan, lag, dan memberatkan PC/laptop.

3. Bisa Dipakai Untuk Game Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gameloop pada awalnya hanya support untuk game PUBG saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangannya, penggunaan aplikasi ini semakin fleksibel dan bisa digunakan untuk bermain game lainnya.

Game-game lain yang bisa Anda mainkan menggunakan gameloop ini antara lain Free Fire, Mobile Legends, Clash of Clans, AOV, Ragnarok Mobile, Zingo Speed, dan lain-lain. Agar game yang Anda mainkan bisa berjalan lancar, pastikan kapasitas ruang penyimpanannya memadai untuk download.

4. Bisa Merekam Video (Video Recording)

Bagi Anda yang ingin terjun dalam dunia Youtuber gaming, gameloop menjadi salah satu aplikasi yang tepat untuk merekam aktivitas bermain game yang dilakukan. Gameloop sudah mendukung video recording sehingga cocok untuk membuat konten di Youtube atau media sosial lainnya.

Dengan hadirnya keunggulan satu ini, Anda bisa membuat konten berupa video tutorial game FF atau walkthrough. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain untuk merekam aktivitas permainan game yang Anda lakukan.

Pastikan juga penyimpanan di PC atau laptop yang Anda gunakan memiliki ruang yang cukup, karena biasanya video recording ini memerlukan space yang lumayan banyak. Jika tidak ingin memberatkan kinerja PC/laptop, Anda bisa membuat video recording dengan durasi yang lebih singkat.

5. Memiliki Kontrol yang Mudah

Meskipun isi dari aplikasi emulator gameloop adalah permainan game mobile atau Android, namun kontrol yang ditawarkan relatif mudah, lho. Anda bahkan bisa melakukan pengaturan sendiri sesuai dengan selera dan gaya masing-masing.

Anda juga bisa melakukan pengontrolan sebelum memulai permainan atau ketika Anda sudah masuk ke lobby game. Untuk setiap permainan yang ada di dalam gameloop juga memiliki kontrol yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu mengaturnya sendiri sesuai keinginan.

6. Mendukung Multi Window

Gameloop menjadi salah satu aplikasi emulator yang dianggap paling baik dibandingkan jenis emulator lainnya. Salah satunya adalah mendukung multi window sehingga cocok untuk Anda yang suka melakukan streaming sambil bermain game.

Anda juga bisa memainkan Free Fire sambil melakukan pengecekan game lainnya di window yang berbeda dalam satu waktu atau bersamaan. Untuk melakukan multi window ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu mendrag dan drop pada window atau layar yang ingin ditampilkan.

Kekurangan Gameloop Free Fire

Kekurangan-Gameloop-Free-Fire

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, emulator gameloop Free Fire ini juga memiliki kekurangan yaitu hanya terbatas pada game saja. Ada beberapa emulator populer lainnya seperti Nox dan Bluestack.

Dibandingkan dengan gameloop, kedua emulator ini sudah bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lainnya seperti Instagram, Youtube, atau aplikasi lain yang ada di Google Playstore. Sementara itu, gameloop hanya berfokus untuk menjalankan aplikasi gaming saja.

Meski begitu, aplikasi emulator gameloop keluaran Tencent ini tetap dianggap unggul karena lebih ringan dan nyaman digunakan dibandingkan dengan emulator Android lainnya. Selain itu, penggunaan sumber daya komputer seperti RAM juga tidak terlalu memberatkan perangkat PC atau laptop.

Link Download Gameloop Free Fire Terbaru

Link-Download-Gameloop-Free-Fire-Terbaru

Sebagai salah satu emulator yang resmi dan legal keluaran developer Tencent, gameloop bisa diunduh dan dimainkan secara gratis. Anda juga bisa mengunduhnya secara langsung melalui situs resmi gameloop sehingga lebih aman dan tentunya terpercaya.

Download Emulator Gameloop Free Fire

Cara Mudah Instal Emulator Gameloop FF

Cara-Mudah-Instal-Emulator-Gameloop-FF

Setelah Anda berhasil mendownload aplikasi, langkah selanjutnya adalah menginstal atau memasang aplikasi ke perangkat komputer atau PC agar bisa digunakan bermain Free Fire atau game lainnya secara leluasa. Berikut ini cara mudah pasang emulator gameloop di PC.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka file gameloop yang sudah diunduh, kemudian klik “Install” untuk memulai proses instalasi atau pemasangan aplikasi ke perangkat laptop atau PC.
  • Ikuti semua petunjuk instalasi, kemudian klik “Agree” yang muncul pada layar perangkat sebagai bentuk persetujuan terhadap syarat dan ketentuan aplikasi.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dengan sempurna. Jika sudah aplikasi gameloop sudah berhasil terpasang, Anda bisa menggunakan Search atau kolom pencarian untuk mencari game FF atau game lainnya yang ingin dimainkan.
  • Jika sudah ketemu dengan game yang dicari, Anda bisa klik tombol “Download” untuk mengunduhnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga game FF berhasil terunduh dan game siap dimainkan sepuasnya melalui perangkat komputer.

Tips Gameloop Free Fire (FF) Bebas Lag

Tips-Gameloop-Free-Fire-FF-Bebas-Lag

Setelah memahami spesifikasi minimal dan kelebihannya, ada beberapa tips yang wajib Anda lakukan agar aplikasi bebas lag sehingga permainan menjadi lebih nyaman dan maksimal. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi lag pada gameloop.

1. Lakukan Setting Kualitas Grafis

Salah satu tips untuk mencegah permainan mengalami lag yaitu dengan melakukan pengaturan atau setting terhadap kualitas grafisnya. Pada dasarnya, Anda bisa menyesuaikan setting kualitas grafis sesuai kenyamanan dan selera yang diinginkan.

Anda bisa menggunakan settingan kualitas grafis seperti kualitas grafis HD, Frame rate Extreme, Style Classic, dan Auto-adjust graphic Disable. Untuk setting anti-aliasing tidak perlu Anda aktifkan karena fungsinya hanya untuk memperhalus detail gambar seperti pohon, rumput, atau bangunan.

Detail yang seperti ini tidak terlalu dibutuhkan dan hanya akan memperberat kinerja perangkat PC Anda. Selain itu, Anda juga bisa mematikan untuk opsi auto-adjust karena tidak semua orang cocok menggunakan opsi satu ini.

Apabila tidak cocok, tampilan grafis pada game justru akan jelek. Jadi, untuk memilih cara amannya, Anda sebaiknya tidak mengaktifkan opsi auto-adjust.

2. Lakukan Pengaturan Konfigurasi dan Sensitivitas Keyboard

Tips lain untuk mencegah dan menghindari terjadinya lag yaitu dengan melakukan penyetingan konfigurasi dan sensitivitas keyboard demi kenyamanan saat bermain FF atau game lainnya. Beberapa orang mungkin melewatkan settingan key mapping, padahal hal ini sangat berpengaruh, lho.

3. Ubah Bahasa Default

Ketika pertama kali menginstal emulator gameloop, maka bahasa yang digunakan secara otomatis adalah bahasa Cina sesuai dengan asal developer Tencent. Bagi pemula, mengubah bahasa default mungkin cukup membingungkan, padahal caranya cukup mudah, lho.

Cara mudah untuk mengubah bahasa default yaitu dengan membuka aplikasi emulator gameloop terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa klik tanda garis yang ada di sebelah tombol minimize. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting dan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.

4. Lakukan Pengaturan Resolusi dan Engine

Tips berikutnya yaitu menyesuaikan pengaturan resolusi dan engine yang terdapat pada emulator gameloop. Pastikan untuk memilih resolusi layar yang sesuai dengan spesifikasi perangkat PC atau laptop yang Anda gunakan.

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi lag atau bug yang membuat permainan menjadi sering macet terutama saat melakukan penyerangan terhadap musuh atau saat melemparkan senjata granat ke arah musuh.

Bagi Anda yang menggunakan kartu grafis selain AMD, Anda sebaiknya memilih opsi Smart Mode atau DirectX. Setelah itu, Anda bisa mengubah resolusi monitor perangkat PC atau laptop misalnya untuk monitor dengan resolusi 1080 pixel, Anda bisa memilih setting 1920 x 1080.

5. Lakukan Pengaturan Paging File dan Virtual Memory

Tips yang tidak kalah penting dan tidak boleh dilewatkan untuk mencegah terjadi lag atau bug yaitu melakukan pengaturan paging file atau virtual memori pada OS Windows perangkat yang Anda gunakan. Fungsi paging file sendiri adalah untuk mengoptimalkan kinerja RAM.

Untuk ukuran paging file yang direkomendasikan yaitu separuh dari total RAM PC/laptop. Jadi, jika perangkat PC/laptop yang Anda gunakan memiliki RAM 8 GB, maka setting paging filenya sebesar 4 GB atau lebih besar.

Penjelasan mengenai gameloop FF di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menikmati keseruan bermain game Free Fire (FF) melalui PC atau laptop. Aplikasi emulator satu ini juga sangat direkomendasikan karena sudah resmi dan legal, sehingga keamanannya juga lebih terjamin.

 

Lihat Juga :